Kamis, 13 Oktober 2011

DIAGRAM REKAPITULASI BAHAN DAN BIAYA

Rekapitulasi bahan dan biaya berisi daftar bahan dan perhitungan biaya yang diperlukan dalam pemasangan instalasi listrik.
Diagram rekapitulasi bahan dibuat berdasarkan gambar instalasi yang telah dirancang sesuai dengan kondisi rumah.
Daftar biaya yang dihitung termasuk biaya bahan, biaya pemasangan, biaya pekerja dan lain-lain.

Berikut ini contoh tabel yang digunakan untuk rekapitulasi bahan :
cara pengisiannya:
  1. pada kolom nama bahan bisa dituliskan bahan / komponen yang dibutuhkan dalam pemasangan instalasi, mulai dari kotak sekering hingga ke bagian paling detail seperti sekrup dan isolasi.
  2. pada kolom spesifikasi bahan bisa berisi merk, ukuran, kemampuan kerja dari bahan yang apabila dibeli tidak sesuai spesifikasinya maka pemasangan instalasinya menjadi tidak sempurna
  3. untuk kolom satuan berisi satuan barang seperti unit, buah, dus, pack, rol, dll tergantung dari sistem pembeliannya akan dihitung per-satuan atau dalam jumlah banyak sekaligus. Biasanya untuk pembelian jumlah banyak biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibanding membeli secara bijian.
  4. harga per-satuan kita isi harga barang berdasarkan satuan yang telah kita tentukan misalnya stop kontak jika satuannya biji maka harganya harga per-biji misalnya Rp. 4.500,00 sedangkan jika kita beli dengan satuan dus (1 dus=20 biji) maka harga per-dus misalnya Rp. 80.000,00
  5. kolom jumlah berisi jumlah barang yang dibutuhkan. dihitung berdasarkan gambar instalasi.
  6. untuk mengisi kolom toleransi, kita harus menghitung toleransi barang sebesar 10 %. Toleransi dimaksudkan sebagai cadangan jika bahan yang kita beli ada yang rusak/pecah. cara menghitungnya = 0,1 x jumlah barang. 
  7. kolom total berisi jumlah barang ditambah dengan toleransi yang dihasilkan.
  8. total harga bersi harga satuan dikalikan dengan total barang yang harus dibeli.
setelah diisikan sesuai dengan petunjuk hasil akhirnya kurang lebih sbb:


setelah selesai, jumlahkan seluruh total harga barang sehingga didapatkan keseluruhan biaya bahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar